Tanggal Hari Ini : 23 Nov 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Melirik Wirausaha di Bidang Pertanian
Selasa, 23 Agustus 2016 01:58 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Oleh Ir. Hariyanto,
Penyuluh Pertanian, Kecamatan Dau, Malang

Negara kita adalah agraris, yang gemah ripah loh jinawi. Ibarat tongkat yang jatuh bisa jadi tanaman. Potensi yang tidak dimiliki oleh negara negara lain. Adakah alasan untuk tidak bangga menggembangkan potensi pertanian kita?
Dengan sentuhan teknologi dan peluang pasar yang sangat luas baik di dalam ne geri maupun di manca negara, sektor pertanian sangat menjanjikan untuk diupayakan, dan menjadi sangat prospektif sebagai pilihan wirausaha.
Permintaan pasar yang semakin selektif dan semakin variatif, peluang tren go organik yang menjadikan makanan sebagai obat bagi masyarakat, merupakan salah satu peluang besar yang makin mengokohkan betapa besar peluang bisnis di bidang pertanian. Belum lagi jika budidaya pertanian diintegrasikan dengan peternakan sebagai pendukung kesuburan tanah alami.
Meski potensi bisnisnya besar, namun tidak setiap masyarakat mau terjun di bidang pertanian, bahkan anak-anak muda sudah mulai meninggalkannya bahkan menganggap bisnis di bidang pertanian kotor dan tidak prospektif, jelas pandangan yang keliru.
Namun ada juga kenyataan bahwa kepemilikan lahan kini semakin sempit dan masyarakat semakin banyak yang memilih lahannya ditanami bangunan (rumah kos atau property) dibanding sebagai lahan untuk usaha pertanian.
Banyak juga yang menganggap bahwa usaha pertanian banyak risiko kegagalan, dan mindset ini sudah mengakar sangat kuat.
Campur tangan pemerintah di bidang pertanian diberikan melalui pembangunan sumberdaya manusia sepertinya memang belum se intensif seperti negara lain seperti Jepang dan Thailand, namun dengan mengadakan upaya pelatihan, sekolah sekolah lapang, sertifikasi pertanian diharapkan dapat mengurai titik lemah pengembangan pertanian di Indonesia.

Melirik Wirausaha di Bidang Pertanian, Penyuluh Pertanian, Kecamatan Dau, Malang, rumah kos atau property

Bantuan fisik berupa pembangunan infrastruktur jalan usaha tani, embung penampungan air, gudang pengepakan, gudang sortasi buah, kandang sapi kolektif, dukungan sarana produksi yang murah, bantuan kredit alat dan mesin pertanian, penyediaan benih bermutu serta alat alat pasca panen merupakan hal-hal dasar yang harus dipikirkan secara komperhensif.
Bantuan pemerintah seberapa besar dan banyak akan tetap tidak optimal jika masih dilaksanakan secara top down. Petani memang mau menerima apapun yang diberikan pemerintah, namun seandainya bantuan yang diberikan berdasarkan permintaan petani dan bukan karena diberikan cuma-cuma, maka akan lain lagi ceritanya. Bantuan tersebut juga akan sangat bermanfaat apabila petani penerima manfaat dilatih secara khusus guna meningkatkan ketrampilan sehubungan dengan bantuan yang diberikan.
Dunia pertanian di Indonesia dipandang masih indentik dengan yang kotor, kumuh dan miskin.
Itulah mengapa para pemuda tidak tertarik bertani. Padahal petani profesional uangnya banyak.
Sebagai contoh. Petani jeruk dengan kepemilikan lahan sempit jumlah pohon 100 pohon saja sudah memiliki penghasilan yang lumayan. Perhitungan untuk petani dengan 100 pohon jeruk sebagai berikut : Biaya produksi dan operasional perpohon permusin Rp55.000. Rata-rata produksi sebanyak 40 kg perpohon. Harga Rp 9000/kg. Maka setiap pohon menghasilkan Rp360.000 setiap musim. Sehingga total pendapatan bersih, yaitu pendapatan kotor dikurangi biaya produksi dan operasional per musim panen diperkirakan mencapai Rp30.000.000. Dalam setahun ada satu panen raya (8 bulan) dan disela-selanya ada juga panen kecil yang kontinyu.
Menarik bukan?. Siapa bilang wirausaha di bidang pertanian kurang prospektif. Saatnya kini kita berinvestasi di bisnis budidaya pertanian

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari