Tanggal Hari Ini : 23 Nov 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
SCORE Indonesia Apa dan Bagaimana???
Kamis, 03 Januari 2013 16:02 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Secara global, program ILO-SCORE ini dilaksanakan di tujuh negara, yaitu Indonesia, India, Cina, Afrika Selatan, Ghana, Vietnam dan Kolombia. Dari ketujuh negara ini, Indonesia terpilih sebagai salah satu negara pionir dengan peluncuran resmi program ini pada 2010 ini. Didanai Sekretaris Negara untuk Bidang Ekonomi Swiss (SECO) dan Badan untuk Kerja Sama Pembangunan Nowergia (NORAD), program ILO-SCORE mendapat dukungan penuh dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), konfederasi serikat pekerja nasional dan Yayasan Dharma Bhakti Astra.

Dengan  menyasarkan pada UKM dengan jumlah pegawai 50 – 250 orang dari berbagai sektor produksi, terutama otomotif, program pelatihan ILO-SCORE terdiri dari lokakarya mendalam selama dua hari dengan para ahli SCORE dan tiga kunjungan lokasi untuk setiap perusahaan per modul pelatihan.

Ada lima modul pelatihan di bawah program ILO-SCORE ini meliputi isu-isu yang terkait dengan kerja sama di tempat kerja, mutu, produktivitas dan produksi yang lebih bersih, manajemen sumber daya manusia dan keselamatan, kesehatan dan hubungan kerja.

Menurut Januar, modul pertama mengenai kerjasama di tempat kerja menjadi modul yang wajib diikuti oleh para peserta sebelum mereka dapat melanjutkan modul-modul berikutnya. Selain itu, setiap UKM yang mengikuti program ILO-SCORE ini harus menandatangani komitmen tertulis untuk memastikan kesungguhan para pelaku UKM dalam melakukan perubahan.

“Komitmen ini menjadi penting karena tanpa komitmen sebagus apapun program yang ditawarkan tidak akan berjalan. Selain itu, ILO-SCORE selalu menyertakan para pemilik dan karyawannya untuk duduk bersama selama mengikuti pelatihan.”.

program ILO-SCORE, UKM dengan jumlah pegawai 50 – 250 orang dari berbagai sektor produksi,  program ILO-SCORE telah merambah hingga ke lima provinsi lainnya: Jawa Tengah, Lampung, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Kalimantan Timur.

Dari hanya terfokus di Jakarta dan sekitarnya, kini program ILO-SCORE telah merambah hingga ke lima provinsi lainnya: Jawa Tengah, Lampung, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Kalimantan Timur.

Kini lebih dari 80 perusahaan percontohan program ILO-SCORE telah menikmati peningkatan kualitas dan produktivitas, peningkatan motivasi dan penurunan kecelakaan kerja dan ketidakhadiran karena sakit.

Bahkan tiga perusahaan percontohan (PT Lestari Dini Tunggul di Jakarta, PT Mubaroqfood Cipta Delicia di Kudus dan Baruasa Mandiri di Kendari) dianugerahi penghargaan “Parama Karya”, sebuah penghargaan yang menilai kualitas dan produksi tingkat nasional. (*)

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari