Tanggal Hari Ini : 23 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Ir. Rahman Filzi, MT. "Action Plan & Strategi Memulai Bisnis Developer Property"
Selasa, 10 Juli 2012 10:04 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

(Bagian Pertama)
Oleh Ir. Rahman Filzi, MT.

Why Developer? Ungkapan ini sering ditanyakan orang kepada saya, dan sering juga pertanyaan serupa juga saya dengar dari orang lain. Mari kita lihat satu persatu, tentang bisnis developer property ini.

Setiap orang pasti ingat tanah,  karena setiap manusia akan kembali ke tanah. Menjadi seorang developer merupakan jalan menuju peluang untuk membuka amal jariah sebanyak-banyaknya karena seorang developer bukan saja membangun rumah tetapi juga membangun jalan, jembatan, drainase, dll. Fasilitas-fasiltas yang anda bangun ini kelak akan menjadi lading amal jariyah yang tak akan terputus pahalanya sepanjang fasilitas tersebut masih digunakan. Tetapi yang lebih penting adalah, seorang developer juga membangun peradaban karena mampu membentuk lingkungan sosial baru, sekolah, tempat ibadah, tempat bermain, hutan kota dan lain-lain. Ini juga sumber amal jariah yang banyak.

Ada hal penting yang juga harus diketahui, ternyata menjadi developer juga mampu menciptakan peluang usaha yang sangat besar potensinya, sekaligus dapat mewariskan property ke anak-anak kita.

Motivasi Luhur

Terjun dalam bisnis developer property jangan semata-mata mencari kekayaan pribadi, melainkan juga harus ada niat untuk menolong sesama. Anda akan sulit berhasil jika niat anda hanya untuk kepentingan pribadi saja. Kunci sukses memulai bisnis developer property sebenarnya terletak pada awal dan niat untuk menolong sesama. Mengapa? Karena produk bahan baku dalam bisnis developer property adalah  tanah. Jelas kita tidak mampu membuatnya. Hanya Allah yang mampu membuatnya.
          

Hal terpenting dalam Bisnis Property

Kejujuran adalah hal terpenting dalam bisnis developer property. Mengapa harus jujur? Sebab tanah diciptakan Tuhan. Jika kita berbisnis tanah, berarti kita memperdagangkan ciptaan Tuhan. Dengan begitu kita tidak hanya berurusan dengan konsumen, tetapi juga dengan Tuhan sebagai pencipta tanah. Kalau kita curang, tuhan akan murka kepada kita.

Mitos Keliru Tentang Bisnis Developer Property

Bisnis developer property sering dianggap sebagai bisnis yang sangat tertutup, hanya dikuasai oleh segelintir orang tertentu, bisnis yang padat modal dan membutuhkan uang besar untuk memulainya, harus dijalankan oleh tenaga yang terdidik dengan kualitas tinggi, serta hanya pengusaha papan atas saja yang dapat menjalankannya. Mitos-mitos ini sudah tidak berlaku lagi. Faktanya, pemain bisnis ini sekelas apapun mereka, lebih banyak mengandalkan kekuatan outsource ketimbang menggunakan dana dari kantong sendiri.

Mari kita dobrak mitos yang keliru tersebut. Sesungguhnya setiap orang bisa menjalankan bisnis ini meski tanpa modal sekalipun. Biasanya penjelasan detil ini saya berikan pada saat workshop-workshop  bisnis developer property yang selenggarakan, dan berdasarkan pengalaman yang saya lakukan, terbukti modal bisnis developer property memang dapat dijalankan, bahkan tanpa modal.

Salah satu kekuatan bisnis developer property adalah bahan baku berupa tanah yang tidak dapat diperbaharui alias langka, tidak membusuk, kebal krisis, dan harganya cenderung naik. Selain itu bisnis property juga erat kaitannya dengan lokasi. Jika lokasi lahannya strategis siapapun pengembangnya tidak perlu lagi ada pemasaran yang njlimet akan terjual dengan cepat.

Pembelian lahan bisa dilakukan dengan dana kecil bahkan tanpa modal, bahkan bank sangat senang memberikan kredit kepada developer property asal lahan sudah dikondisikan, bahkan modal kerja juga dapat diperoleh dari bank. Mengapa bank mau? Karena ada 2 keuntungan yang diperoleh bank, pertama bank memperoleh bunga dari kredit modal kerja, dan kedua bank mendapatkan bunga dari Kredit Kepemilikan Rumah (KPR).

Edisi depan kami akan bahas mengenai kekuatan-kekuatan bisnis developer property, cara menghitung cashflow proyek developer yang dinamis, cara memulai bisnis developer property tanpa modal/modal sedikit. 

Penulis adalah developer property

Ingin tau lebih banyak tentang bisnis Property dapat di lihat di Workshop Bisnis Property

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari