Tanggal Hari Ini : 21 Sep 2018 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Rubrik : Kiat Bisnis
Kamis, 12 Mei 2011 22:40 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Mari  Berburu Bisnis

            Musim berburu bisnis kini marak kembali. Berbagai pameran franchise dan business opportunity banyak digelar dimana-mana. Iklan-iklan kemitraan dan peluang bisnis juga tersebar di berbagai koran dan majalah. Apa yang harus anda lakukan jika anda ingin berburu bisnis?

            Pilih bisnis yang rasional yang dapat anda lakukan. Pertimbangkan mengenai lokasi usaha yang anda akan tempati, sumberdaya manusia atau tenaga kerja yang akan membantu anda menjalankan bisnis, serta modal yang diperlukan. Banyak calon pebisnis tergiur dengan penawaran bisnis yang ditawarkan dalam pameran-pameran, namun tidak dapat dijalankan karena ketiadaan dukungan lainnya.

           

Fokus Pada Peluang            

            Saat akan berburu bisnis, fokuskan pikiran anda pada peluang yang ada. Peluang dapat anda lihat dari pasar yang tersedia saat bisnis tersebut berjalan, misalnya anda melihat potensi bisnis kursus bahasa inggris atau bimbingan belajar yang banyak diminati oleh pelajar, atau bisnis kuliner di sekolah-sekolah, perumahan, mall atau lokasi yang strategis lainnya. Anda dapat memetakan peluang-peluang pasar ini dengan bisnis yang akan anda dirikan.

            Jika anda belum pernah mengelola usaha skala besar, dengan sumberdaya manusia yang banyak atau dengan usaha yang membutuhkan modal besar, pilihlah usaha yang pasarnya luas dan banyak tetapi hanya perlu modal kecil dan sumberdaya manusia yang sedikit. Hal ini penting agar anda memahami peluang-peluang serta mampu menghandle kesulitan-kesulitan jika timbul kelak, dan berdasarkan kelaziman dipastikan hambatan dan kesulitan pasti datang, namun dipastikan juga anda harus mampu menghadapi masalahnya. Misalnya anda mencoba bisnis dengan satu outlet bisnis yang dijaga  oleh 2 orang karyawan. Saat satu orang karyawan karena satu hal ada masalah sehingga keluar dari usaha anda, maka anda masih mampu menghadapi kendala tersebut misalnya dengan mencari karyawan baru sebagai pengganti.

           

Berfikir Rasional

            Dalam berburu bisnis, bertanya sebanyak-banyaknya akan lebih baik daripada anda kecewa di belakang hari. Misalnya tentang peluang bisnisnya, kendalanya, outlet mana saja yang masih eksis, outlet mana saja yang masih bertahan, bagaimana perhitungan cash & inflownya, proyeksi BEP, perhitungan-perhitungan gaji dan fasilitas bagi karyawandi daerah dan di Jakarta, serta biaya-biaya lain yang digunakan dalam indikator proyeksi bisnis.

            Banyak pemilik bisnis yang asalnya dari daerah di luar Jakarta menghitung gaji tenaga  kerja berkisar Rp500ribu –Rp700ribu per orang, padahal kenyataannya mencari karyawan dengan gaji sebesar itu di Jakarta hampir mustahil diperoleh, apalagi mempertahankan mereka menjadi karyawan dalam jangka waktu lama. Selain itu, biaya sewa ruko atau lokasi usaha  juga harus disesuaikan.

Sebaiknya anda membuat perhitungan sendiri berdasarkan pola yang dibuat oleh pemilik bisnis saat menawarkan bisnis tersebut kepada anda.

            Lakukan investigasi terhadap mitra-mitra bisnis yang sudah berjalan, apakah puas, atau sebaliknya. Jika anda menemukan hal yang di luar perkiraan, perdalam kesulitan dan kendala yang dihadapi. Jika anda sudah memahami semuanya, anda boleh memilih dan menentukan bisnis apa yang akan anda jalani, namun  jangan memutuskan seketika sebelum anda benar-benar memahami dengan benar. Selamat berburu bisnis

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari