Tanggal Hari Ini : 23 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Napak Tilas Bisnis Gadai ke Negeri Belanda
Rabu, 11 Mei 2011 22:57 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Bisnis jasa keuangan berbasis gadai dan fiducia ternyata memiliki sejarah yang panjang. Di Indonesia, seperti yang pernah ditulis pada Majalah Wirausaha dan Keuangan edisi terdahulu, keberadaannya dibawa oleh VOC ke Batavia pada abad 18.
Di Belanda sendiri bisnis jasa keuangan berbasis gadai dan fiducia disebut STADS Bank Van Leening¸sedangkan di Perancis disebut  Credit Municipal.
Berdasarkan penelaahaan tentang sejarah jasa keuangan berbasis gadai dan fiducia di negara-negara tetangga Asean, Malaysia adalah salah satu negara yang sangat getol mengembangkan bisnis jasa gadainya. Beberapa tahun terakhir  negeri jiran ini mengembangkan industry jasa keuangan gadai syariah dengan jumlah nasabah mencapai 4,3 orang nasabah.
Perkembangan bisnis jasa gadai di Malaysia tidak terlepas dari peran Indonesia, karena beberapa kali pelaku bisnis jasa gadai di  Malaysia melakukan studi banding untuk mempelajari bisnis jasa gadai dan fiducia dari Indonesia.

Di Philipina, perkembangan bisnis jasa keuangan gadai di negera ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Jumlah outlet keseluruhan bisnis jasa keuangan berbasis gadai lebih banyak dari gerai atau outlet bank secara keseluruhan. Hal ini berbalik seratus delapan puluh derajat dengan yang terjadi di Indonesia, dimana gerai bank masih lebih banyak gerai jasa gadai. Menurut  Bank Sentral Philipina,  pada tahun The bank also doesn't allow small amount of loans ( Php 200.00 to Php 2,000.00) just to pay the said bills, tuition fees and other emergency expenses arises which are not part of the budget allocation for the month..In 1999, there was one (1) pawnshop for every 8,756 people in the country and today in the Philippines there are more than 10,000 registered pawnshops and 5,000 pawnshop owners according to the Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP) that is up close to 3000 Pawnshop in 2000. 1999, ada satu (1) gerai gadai untuk setiap 8.756 orang di negeri ini,  atau terdapat lebih dari 10.000 gerai gadai yang tersebar di seluruh Philipina. 

Di Negara yang pertumbuhan ekonominya cukup melejit, seperti Di Vietnam, bisnis jasa gadai hadir di pasar-pasar tradisional dengan pertumbuhan outlet luar biasa besar dalam kurun lima tahun terakhir. 
Terlepas dari banyaknya peminat bisnis gadai dan fiducia mendatang, Perum Pegadaian sejak dini telah melakukan langkah-langkah yang optimal untuk menjadi champion dalam bisnis jasa keuangan mikro berbasis gadai dan fiducia di Indonesia.

Langkah tersebut harus cepat, terintegrasi, dan tersistem agar bisnis gadai dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari